HAL ITU DAPAT MEMBUAT KRISIS KEPERCAYAAN DIRI 
LAKUKAN 7 CARA INI SAAT MENGHADAPI BODY SHAMING



Siapapun pasti menginginkan bentuk tubuh yang ideal layaknya seorang model. Tetapi ketika pada suatu waktu tubuh berubah menjadi gemuk atau kurus pasti sangat banyak orang yang ikut berkomentar. 
"Ih kok sekarang kurusan? Gak pernah dikasih makan ya". 
"Lho kok sekarang gendutan? Makanya jgn makan mulu, semua makanan lo santap aja sih". 
Sudah bukan hal biasa apabila banyak individu sekarang ini yang jauh lebih memperhatikan bentuk tubuhnya. Hal tersebut mungkin saja karena memang ingin memulai untuk hidup sehat atau bahkan karena dirinya mendapatkan komentar negatif dari orang lain yang akhirnya membuat kurang percaya diri akan dirinya sendiri. Hal seperti itu dapat disebut body shaming. Dimana body shaming merupakan suatu tindakan mengomentari secara fisik, penampilan atau citra diri seseorang. Tindakan body shaming sendiri bahkan jarang kita sadari, karena beberapa dari kita menganggap bahwa body shaming hanya sebagai bahan candaan saja. Mungkin memang benar hal tersebut sebatas candaan belaka, namun apa jadinya apabila seseorang yang kita ajak bercanda menganggap serius hal tersebut dan justru membuatnya kehilangan kepercayaan diri, tidak nyaman bahkan sakit hati?
Apakah ada diantara kita yang mengalami hal seperti itu? Jika diantara kalian ada yang mengalaminya, kalian bisa melakukan 7 hal ini dalam menghadapi body shaming agar kalian tetap nyaman dan percaya diri akan diri kalian.
1. Abaikan perkataan orang lain.
2. Menutupi kekurangan dan tunjukkan kelebihan
3. Sosialisasikan dampak body shaming
4. Ajak mereka berbicara empat mata
5. Perluas lingkup pergaulan
6. Katakan “I Love Myself
      Lebih menerima dan mencintai diri sendiri merupakan salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk lebih meningkatkan kepercayaan diri kita. Dengan kita lebih percaya diri akan diri kita sendiri, istilah body shaming bukan lagi menjadi masalah untuk hidup kita. Namun, buat kalian yang masih merasa terggangu dengan komentar negatif dari orang lain terkait body shaming, kalian bisa terus menerapkan 7 cara diatas saat menghadapi body shaming. Dan, jangan lupa belajar untuk lebih mencintai dan menerima diri kalian sendiri. 

Be proud of who you are, and not ashamed of how someone else sees you

- Unknown -