Hai...hai...haiii….


   Masih edisi Jawa Barat nih, tapi sekarang tentang minuman khas Jawa Barat. Disini aku gak akan bahas banyak karena sebenernya kurang tau banyak juga buat minuman khasnya. Jadi ini yang aku tau aja yaa

BAJIGUR
Bajigur ini minuman hangat khas masyarakat Sunda dari daerah Jawa Barat. Bahan utama dari muniman ini ada gula aren, dan santan. Nah untuk menambah kenikmatan dari minuman ini maka dicampurkan pula sama sedikit jahe, garam dan bubuk vanili. Bajigur ini paling cocok banget diminum ketika cuaca lagi dingin dan sehabis hujan jadi sekaligus menghangatkan tubuh gitu. Dan kalau lagi minum bajigur paling enak dihidangkan bareng sama pisang rebus, ubi rebus, atau kacang rebus.

BANDREK
Bandrek ini biasanya dikonsumsi untuk menaikkan kehangatan tubuh dan biasanya dihidangkan pada saat cuaca dingin, kaya pas lagi hujan ataupun malam hari. Bahan dasar bandrék sendiri yang paling penting adalah jahe dan gula merah, tapi di daerah tertentu ada yang nambahin rempah-rempah sendiri buat memperkuat efek hangat yang diberikan. Banyak orang Indonesia yang percaya kalau bandrek dapat menyembuhkan penyakit ringan salah satunya sakit tenggorokan. 

CENDOL
Cendol merupakan minuman yang terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Rasa dari minuman ini tuh manis dan gurih. Di daerah Sunda minuman ini dikenal dengan nama cendol sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan nama es dawet. Berkembang kepercayaan populer dalam masyarakat Indonesia bahwa istilah “cendol” mungkin berasal dari kata “jendol”, yang ditemukan dalam bahasa Sunda, Jawa dan Indonesia, hal ini karena sensasi jendolan yang dirasakan ketika butiran cendol melalui mulut saat kita sedang meminumnya.

ES LILIN
Es lilin juga merupakan salah satu minuman khas daerah sunda dan juga menjadi salah satu judul lagu Sunda. Sekarang varian rasa dari es lilin ini udah bermacam macam, mulai dari rasa strawberry, melon, anggur, leci, dan masih banyak lagi.

  Nah segitu aja sekilas yang dibahas tentang minuman khas Jawa Barat, semoga berguna buat kalian terutama yang lagi ada destination buat pergi ke daerah Jawa Barat dan kalau ada kesalahan dalam informasi yang ini mohon maaf karena aku juga manusia yang gak luput dari salah dan dosa hehehe...
Hope you like it. And...


    See you 
  -serenade-