TIPS MENGATASI RASA INSECURE


Insecure

Pernah gak sih kalian merasa kalau misalnya hidup kalian tuh gak seenak hidup orang-orang. Lantas, kalian berkata kalau “ihh kok dia enak ya bisa beli ini itu, bisa dapetin ini itu, pokoknya hidupnya tuh keliatan perfect deh. Coba aja aku bisa jadi seperti dia, pasti aku bahagia”.

Nah, kalian sadar gak kalau ternyata hal seperti itu gak baik buat diri kalian dan gak sehat juga buat mental kalian. Karena semua orang itu berbeda, semua orang berhak bahagia dengan caranya masing-masing begitu juga diri kalian sendiri pasti kalian punya cara sendiri kan untuk buat diri kalian bahagia. Bahkan orang kembar identik sekalipun, pasti mereka gak 100% sama sifat dan kepribadiannya.
Baca Juga : Stop Body Shaming
Hal-hal seperti ini dapat kita sebut dengan insecurity. Insecurity sendiri merupakan kondisi ketika seseorang dipenuhi dengan rasa keraguan pada dirinya sendiri dan merasa tidak percaya diri. Kalau ditanya aku pernah merasa insecure atau ngga? Jawabannya PERNAH. Aku pernah ada di titik itu bahkan sampai sekarang aku masing sering ngerasa insecure, tapi emang kadarnya berbeda aja. Setelah aku sadar kalau sebenernya insecure itu bukan suatu hal yang patut kita miliki, aku mulai sedikit demi sedikit mengubah diri dan mindset aku biar gak jadi pribadi yang insecure terus. Karena jujur insecure itu menghambat banyak hal, menghambat diri kita untuk bisa berkembang. Yaaiyalahh gimana mau berkembang kalau lihat orang gini dikit insecure, lihat orang bisa ngelakuin itu kita insecure huuftt.
Aku tau kok kalau ngubah diri dan mindset kita buat gak insecure itu gak gampang, tapi setidaknya kita terus mencoba dan berusaha. Karena keberhasilan itu bisa kita raih kalau kita mau mencoba dan berusaha. Terus gimana dong cara biar gak insecure terus? Okeyy ini aku kasih beberapa cara yang bisa kalian lakuin yaa, tips ini aku baca dari beberapa sumber ya jadi kalian bisa sambil baca sumber lain juga.
1. Berusaha untuk selalu berpikir positif
2. Jangan terus menerus membandingkan diri dengan orang lain
3. Berhenti untuk selalu menyalahkan diri sendiri
4. Hindari hal-hal atau orang yang membuatmu insecure
5. Lakukan segala hal yang dapat membuatmu bahagia
Kalian bisa coba tips-tips diatas ya, tapi kalau perasaan insecure itu gak kunjung hilang dan kalian merasa hal itu mengganggu aktivitas kalian, alangkah lebih baiknnya kalian konsultasikan ke psikolog yaa.

“Life is very short. Insecurity is a waste of time”

- Diane Von Furstenburg -