Haiii....hai…haii...
Gimana kabar kalian? Semoga sehat selalu yaa

Tips belajar efektif

     Kali ini aku mau ngasih tips lagi, di postingan sebelumnya kan aku ngasih tips tentang cara mengatasi homesick. Nah, sekarang aku bakalan ngasih tips tentang cara belajar biar lebih efektif. Tips ini bukan hanya sekedar aku omongin aja, tapi juga dilakuin kok jadi aku gak hanya sekedar ngasih tips aja tapi berdasarkan apa yang aku lakuin juga. Okay langsung aja ke tipsnya...

  1. Buat timeline atau semacan jadwal untuk waktu belajar kalian. Jadi kalian bisa buat per minggu atau per bulannya kapan waktu yang tepat untuk kalian belajar, dan kalian juga bisa catat kapan jadwal ujian kalian. Jadi kalian bisa ada persiapan lebih untuk memaksimalkan waktu belajar kalian sebelum menghadapi ujian.
  2. Kalian harus tau juga cara kalian dalam menerima pelajaran atau informasi lebih dominan dengan apa atau semacam gaya belajar kalian itu kaya gimana sihh entah itu gaya belajar kinestetik, auditori, dan visual. Nah, tujuannya biar saat kalian lagi belajar, materi yang kalian pelajarin bisa kalian serap dengan baik sesuai dengan gaya belajar kalian masing-masing.
  3. Kalian harus bagi setiap pelajaran yang mau kalian pelajari per bab nya jadi jangan kalian kebut satu buku dipelajari semuanya. Karena kalau terlalu banyak materi yang kalian masukin ke otak materi sebelumnya bakal kalian lupain karena tertimbun dengan materi terakhir yang kalian pelajari. Jadi gak akan efektif kan belajar kalian??? Nah itu juga jadi salah satu penyebab yang ngebuat kalian jadi blank pada saat ujian. Jadi, setiap kalian baru selesai pelajari satu babnya sebisa mungkin kalian pelajari ulang satu bab itu sesuai dengan gaya belajar kalian masing-masing untuk nge-test juga seberapa paham kalian sama materi di bab tersebut.
  4. Buat keyword dalam proses belajar kalian. Nah tips ini cocok banget buat kalian yang sering banget dapat materi berupa hafalan. Jadi kalian bisa buat keyword-nya dengan kalian ambil beberapa kata dan kalian gabungin dengan kata lainnya sehingga ngebentuk satu kata baru yang itu sebenarnya terdiri dari beberapa kata yang udah kalian rangkai jadi satu. Misalnya kalian mau ngafalin salah satu golongan dalam tabel periodik yaitu nitrogen (N), fosforus (P), arsenik (As), antimon (Sb), bismut (Bi), nah kalian bisa singkat jadi NaPAs Sebentar Biar lega. Wehh asik gak tuh, jadi gampang kan kalian ngafalinnya.
  5. Kalian bias highlight pakai stabilo kata-kata atau kalimat yang menurut kalian penting untuk diketahui. Tapi, jangan sampai kalian tandai hampir satu buku yaa karena kalian pasti bakal bingung mana kata-kata atau kalimat yang menurut kalian penting. 
  6. Kalian buat resume dari materi yang udah kalian pelajari, kalian resume materi-materi yang penting aja atau kalian juga bisa dengan buat semacam mind map buat resume materinya dan kalian bisa design sebagus mungkin dan seringkas mungkin untuk mempermudah kalian dalam pemahaman materi tersebut.
  7. Last but not least adalah kalian juga bisa buat grup belajar dengan teman-temen kalian, tapi sebisa mungkin jangan terlalu banyak anggota karena nanti bakal ngebuat kalian gak konsen dalam belajar cukup sekitar 5-6 orang aja cukup kok.
     Mungkin cukup sekian tips belajar yang bias aku kasih buat kalian, semoga tips ini bisa bermanfaat dan ngebantu kalian buat belajar lebih efektif lagi kedepannya.


    See you 
  -serenade-