Haiii...haii….haiii….
Udah lama vacuum nih, kangen juga lama gak update 



        Kali ini aku mau kasih beberapa tips buat kalian yang lagi ngalamin homesick, aku ngomong gini karena biasanya kehidupan ketika memasuki bangku perkuliah itu sangat jauh berbeda dengan masa-masa ketika SMA dulu, ya gak sih? Mungkin pas SMA kalian bisa milih kalian mau masuk sekolah apa yang ada di deket daerah kalian tinggal dan gak perlu jauh-jauh untuk merantau, tapi kalau kuliah karena persaingan yang ketat banget buat masuk di universitas favorit dan mungkin kuota atau target untuk masuk jurusan yang kalian minati cukup tinggi dan ngebuat kalian nyoba untuk daftar universitas diluar daerah kalian tinggal dengan jurusan yang kalian inginkan atau bisa juga keinginan kalian untuk kuliah jauh dari orang tua karena kalian ingin mencoba untuk hidup mandiri, nyoba hal baru, dan punya pengalaman tersendiri. Oiya, sebelum pindah ke Jogja aku juga sempet sekitar satu semester numpang tinggal di rumah tante sampai akhirnya pas masuk semester 2 udh bisa kumpul lagi. Mungkin tips yang aku omongin disini gak banyak yaa, dan berhasil ngganya sesuai sama diri kalian masing-masing (karena basicnya semua bergantung pada diri pribadi soalnya). 
        Okeeyy, langsung aja ke tipsnya yaa
  1. Kalian harus bisa cari kegiatan atau kesibukan baru yang bakal ngebuat hari-hari kalian tuh gak flat, karena biasanya kalo kurang kegiatan kita tuh jadi sering kepikiran sama rumah dan keluarga. 
  2. Kalian harus sebisa mungkin buat mengganggap kalau tempat kalian nge-kost itu kaya rumah kalian sendiri walaupun aku tau itu susah sih. Tapi kalian bisa biasain diri aja pasti lama-kelamaan enjoy kok. 
  3. Kalian juga bisa memotivasi diri kalian mengenai tujuan kalian kuliah tuh apa, apa yang mau kalian capai dari kuliah itu, dan buat kalian yang udah milih kuliah jauh dari orang tua ya kalian harus bisa nanggung semua konsekuensinya yang bakalan jauh dari orang tua tapi kalian harus tetap ingat sama tujuan kaliah kuliah itu apa yaa. 
  4. Kalau misalnya hari libur atau lagi gak banyak tugas kalian sempetin waktu kalian buat hangout sama temen kalian, kalian bisa explore tempat-tempat menarik di daerah kalian kuliah, atau pas libur juga kalian bisa ajak temen-temen kalian buat olahraga selain bisa ngurangin homesick kalian juga akan terbiasa buat hidup sehat. 
  5. Nah, tips terakhir yang bisa kalian lakukan adalah komunikasi dengan keluarga, walaupun niat kalian biar gak homesick bukan berarti komunikasi sama keluarga ditinggalin. Karena biasanya dari komunikasi itulah salah satu hal yang bisa ngilangin homesick kalian. 
        Nah, ketika tiba saatnya libur semesteran yang cukup panjang pasti kalian udah mulai happy dong, kalian manfaatin buat pulang ke rumah, kangen-kangenan sama keluarga, sodara, teman dan berkunjung ke tempat-tempat menarik di daerah kalian. Wahh langsung, semua rasa homesick tersebut akan terbayar saat kalian pulang ke rumah. 

*** Maaf kalau tips nya gak jelas, tapi semoga bisa ngebantu kalian yang lagi merantau karena tips ini bukan hanya buat yang merantau karena kuliah tapi buat kalian yang merantau karena kerja juga bisa nyoba buat ngelakuin beberapa hal yang udah aku sebutin. Terima kasih udah menyempatkan diri buat baca.

   See you
  -serenade-